• Puro Mangkunegaran

    Sebuah keraton yang sangat indah dan terawat. Pembangunan Puro Mangkunegaran dimulai pada awal tahun 1757. Puro Mangkunegaran menjadi gudang seni dan budaya klasik Jawa. Beberapa harta berharga yang terdapat di keraton ini diyakini berasal dari Kerajaan Majapahit (1293 E 1478) dan Mataram (1586 E 1755). Keraton ini memiliki banyak koleksi berharga seperti topeng tari, kostum wayang wong, wayang kayu dan wayang kulit, ikon agama, dan berbagai pusaka dan barang antik lainnya.
  • Keraton Kasunanan Surakarta

    Menjadi lambang besar di Kota Solo. Keraton adalah istana bagi raja Jawa yang memerintah wilayah Jawa Tengah pada abad lalu. Didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat geger pecinan pada tahun 1743. Keraton berdiri megah dengan luas 54 are di atas tanah. Terdapat banyak kekayaan kerjaaan seperti patung-patung, pusaka kerajaan, senjata kuno dan Menara Sanggabuwana, tempat pertemuan dengan Nyi Roro Kidul, Ratu Laut Selatan.
  • Candi Prambanan

    Merupakan candi hasil karya budaya Hindhu pada abad ke-10. Bangunan menjulang tinggi setinggi 47 meter ini menjadikan Candi Prambanan menjadi arsitektur yang sangat indah dan tak tertandingi. Keinginan pembuatnya menjadi latar belakang candi ini dibuat yaitu ingin menunjukkan kejayaan Hindhu di Pulau Jawa. Candi Prambanan memiliki tiga candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Siwa yang merupakan simbol Trimurti dalam kepercayaan Hindhu. Candi Prambanan berhiaskan relief yang menggambarkan kisah Ramayana.
  • Museum Batik Danar Hadi

    Keinginan H. Santosa Doellah (pengusaha pribumi) untuk melestarikan batik memicu gagasan untuk membangun sebuah museum batik bernama Museum Batik Danar Hadi. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati kesenian terbaik dari Jawa, mengetahui proses pembuatan batik, melihat pertunjukan tradisional yang gelar di dalam bangunan berarsitektur Jawa kuno, Ndalem Wuryaningratan. Di Galeri museum ini ditampilkan batik-batik kuno yang dibuat pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sampai masa kemerdekaan Indonesia.